Ketika Wanita Berkalung Kotang

Perempuan Berkalung Sorban? Wow kerenn…!

Saya telah menyaksikan film yang berjudul Perempuan Berkalung Sorban dan saya akui film itu memang hebat. Kesan hebatnya itu sudah saya dapati semenjak baru mendengar judulnya saja.

Judul itu berhasil membangkitkan tomboyitas saya. Seolah-olah dan saya membayangkan seorang wanita perkasa. Dan betapa kerennya seorang wanita kalau dia terlihat perkasa (tidak pasrah), selama masih di level kewajaran.

Tapi ketika emak saya berseloroh bahwa BH-nya sekarang kebesaran semua, saya jadi tertawa sedih. Lantaran saya membayangkan beliau begitu kurus kering menanti atau pun juga memikirkan saya, meski beliau mengatakan kalau beliau sehat-sehat saja.

“Kaya kalungan BH, kegedhen kabeh saiki nduk (seperti berkalung BH, kebesaran semua sekarang nak),” katanya sambil terkekeh.

Degg!! Perempuan berkalung BH? Oh tidakk…!
Saya tak bisa turut terkekeh, saya membayangkannya aneh dan ngeri. Selanjutnya berkelebatan wanita-wanita dengan kutang yang semakin hari semakin ngglambreh kebesaran karena berbagai alasan. Dan kalau alasannya adalah kegagalan negara menunaikan tugasnya sebagai pengayom perut rakyat, maka mungkin akan menjadi seperti puisi yang saya tuliskan ini:


Ketika Wanita Berkalung Kutang

Ketika wanita berkalung kutang
Inilah tuan kesejahteraan kami yang sekarang
Dada telah rata dan keriput
Dihisap janji tuan
Janji yang lobang-lobang
Lobang-lobang
Karena rakus tuan

Ketika wanita berkalung kutang
Inilah tuan protes kami yang sekarang
Karena tenggorokan kami terlalu kering
Untuk berteriak nyaring

Ketika wanita berkalung kutang
Tolong tuan kembalikan air susu kami
Untuk hidup dan anak
Untuk malu dan negara

Kapan tuan dengar protes kami?
Apakah tuan menunggu
Celana dalam yang terlorot
Dan berkibar setengah tiang
Di hadapan tuan?


gambar dari sini

14 komentar :

  1. kirain dari sini doang yg ga keliatan :D

    puisinya keren!
    kira2 pejabat2 itu bisa baca ga yah

    BalasHapus
  2. patut di publish tuh.........

    dan mungkin klo ada musisi yang mau jadikan lyric buat lagunya.

    tuangkanlah pikir dan angan kedalam tulisan biar mereka tau. :D

    BalasHapus
  3. nah ini diaaaa...
    pantesan sinyale ilang ilangan terus
    ono sing mepe kutang neng tower jebule...

    BalasHapus
  4. baca ceritanya, wanita berkalung kutang. ketawa ngekek aku.

    tapi baca puisinya, langsung serius niy. hehehehe

    BalasHapus
  5. Sebenarnya BH nya simbok tu kebesaran ato kekecilan? Ada 2 kalimat yang bertentangan kayaknya.

    BalasHapus
  6. hm. . .
    judul nya gokil. . .
    ternyata isinya serius
    salam sukses selalu gan

    BalasHapus
  7. Bul isa nggawe puisi ta sampean kii.. :P

    BalasHapus
  8. @anaz, nica...gak tau kemaren error tuh BS ku...suwun.
    @hafiz, makasih atas apresiasinya...
    @rawins, halah penyakit tenan dirimu kih..wkwkk...

    BalasHapus
  9. @milati, salah tulis, hehe...makasih ketelitiannya...
    @vie three & outbound, hehe...makasih...
    @maztrie, njajal...

    BalasHapus
  10. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    kegagalan bukanlah akhir .,.
    kesuksesan juga bukan akhir .,.
    tapi proses merupakan cerminan akhir .,.
    di tunggu kunjungan blik.na gan.,

    BalasHapus
  11. ketika hati tak punya i nurani lagi
    lebih baik enyahlah engkao jauh-jauh
    agar tak ada lagi memory
    yang hanya bikin esmosi

    BalasHapus
  12. dah lama ga mampir kesini :D...lucu sekaligus bikin miris mba. moga ada yg produseri jadi pilem :D. siap siap ikutan casting ya mbaa...:D

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...