Tragedi Munyuk Kesasar di Hong Kong

Jam sebelas malam ketika semua tugasku sudah selesai dan momongan kecilku dan bos perempuanku sudah masuk kamarnya, bos lakiku belum juga pulang. Saat itu aku sudah mlangkring di atas sarangku yang berada di atas mesin cuci dan kulkas.

Heran? Keterbatasan tempat di apartemen bosku menyebabkan mereka memilih tempat paling strategis untuk membuat sarang untukku. Di atas dua buah kulkas dan mesin cuci diberi papan yang digelari kasur diatasnya, itulah dan disitulah sarangku. Nah uniknya, untuk sampai di atas kasur tersebut, dibutuhkan tangga setinggi satu setengah meter. Jadi konon tiap jam sebelas malam waktu Hong Kong, sudah bisa dipastikan ada sebangsa munyuk manis tanpa ekor yang lagi manjat tangga menuju sarangnya.

Sayup-sayup terdengar gending-gending jawa dari ponselku, sebentar saja aku sudah hampir tidur, liyer-liyer. Baju-bajuku carut marut kubiarkan saja. Antara kaos, celana, cempak dan BH menjadi timbunan yang tak keruan lagi bercampur dengan buku dan koran-koran gratisan. Tak sempat kulipat karena keinginan untuk memberesi sarang kalah dengan kebutuhan jasmani. Kantuk itu tak tertahankan.


Sayup-sayup pula terdengar pintu depan dibuka kemudian ditutup dengan segera. Namun aku sudah mulai melukis "peta" di bantalku, tak peduli.

Tiba-tiba saja, entah berapa menit kemudian, suara bos lakiku mengagetkanku. Berteriak memanggilku persis dibawah sarangku.

Seketika aku tersentak, diantara rasa ngantuk dan iler yang ndlewer di pipiku aku bangun dengan amat sangat tidak ikhlas.

“Cecee!” teriak bosku.

“Hm,” jawabku enggan.

“Cece, I got promotion!” katanya bangga dan gembira. Sudah kebiasaan antara aku dan bosku untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Katanya lebih mudah komukasi dengan bahasa Inggris karena aku tak fasih berbahasa kantonis. Aku dan bosku pun saling terbuka. Berita-berita yang menggembirakan sering kami bagi bersama. Dalam hal ini mungkin bos berpikir dia ingin berbagi cerita bahagianya denganku, tapi bagiku ini adalah awal petaka.
“What? Apa?” tanyaku lagi, kali ini aku siap-siap turun dari sarangku. Dengan mata setengah terpejam kujulurkan kakiku kebawah mencari-cari tangga untuk turun. Sial, tangganya terjatuh hingga menimpa gelas yang berada di atas microwave. Dan..mak krompyaaang...gelasnya jatuh dan pecah. Sedangkan aku gandul-gandul bergelantungan, kedua tangan memegang erat kasurku.

“Ce, aku dipromosikan. Aku naik jabatan,” kata bosku masih dengan nada gembiranya.

“Sialan!” pikirku. Ada orang tergelantung kayak gini bukannya bantuin malah ngocehin tentang hal lain. Dasar bos kalau gak pengertian. HuHH!!

“I got promotion, aku naik jabatan,” katanya lagi.

“Dancuuukk! Dasar bos egois!” umpatku dalam hati.

“Are you not happy? Kamu ga seneng ya denger berita ini?” tanya bos tanpa dosa.

“I don’t care! Ga pedulii! Help me! Bantuiin!” jeritku panik. Tanganku rasanya kesemutan karena bergelantungan. Sedangkan mau loncat turun aku takut karena di bawah ada pecahan gelas.

“Oh sorry,” kata bos.

Dalam hati aku ayem akan segera ada bantuan. Tapi gak sangka malah bos membungkuk memunguti pecahan gelas bukannya mbantuin aku turun dari tempat gelantunganku.

“Dasar Chiken, CHIna KENtir,” umpatku lagi dalam hati.
“Help me! Bantuin aku! Take me down, take me down! Turunkan aku!” teriakku panik.

Mungkin saat itu bosku baru tersadar kemudian kulihat tangannya menjulur mau meraihku tapi diurungkannya.

“Goblook!” bentakku dalam hati. Sapa butuh tanganmu? Ih jangan sampe deh si bos nurunin aku kayak gaya Shahrukh Khan megang pinggang Aiswarya Rai gitu, iihh! Nehikk..nehiiikkk...! Ogaaahhh...kagak mau! Amit-amit, setan anake demit, demit sing suka dulat-dulit, dulat-dulit sampai pecirit, iihh amit-amiitt...! Aku tambah panik.

“Turunkan aku, ambilin tangga!” bentakku. Kali ini benar-benar membentak.

Bosku kemudian ngambilin tangga buatku, dan hanya memandangi aku. Aku turun dari tangga sambil menggerutu.

“Apakah gajiku dinaikkan?” tanyaku sambil memberesi pecahan gelas. Bos malah nggeloyor pergi. Dasar! Benar-benar sebuah tragedi munyuk kesasar di Hong Kong, hiks...


38 komentar :

  1. aku datang membawa sebuah lagu ciptaan ku untuk mu sahabat...mohon koment ya..

    BalasHapus
  2. hehehehe...gak takut jatuh pas tidur mbak?

    BalasHapus
  3. hahahahaha,lha tapi yen 'munyuk'e pinter lan manis kayak mba rie,sing maca blog e mba rie iki opo?salut de mb rie...

    BalasHapus
  4. wah, tidurnya di atas gitu? buseeet...

    BalasHapus
  5. wuikz..
    judulnya euy...
    wekekekek...
    ada-ada ajah..
    salam yah..

    BalasHapus
  6. jare duwure 180, moso 1,5 meter wae kudu gelantungan..? pancen turunan munyuk tenan dirimu, ra lali kebiasaan leluhur.
    tekmidon...
    tekek wae...

    BalasHapus
  7. Bajigurrrr
    suarane mpuk tenak. Sesuk tak dadike customer serviceku wae yow, bagian trima telpon.
    Santai wae, ora bakal turu neng duwur kulkas neh. neng kolong mesin cuci wae yow...

    BalasHapus
  8. ya ampun mbaaaaaaaaa.......... aku durung follow, makane ngga tau nemu blogmu nak ngonku hihihi, sek aku tak moco :D, aku mung ngomng ngunu khehehe

    BalasHapus
  9. wkwkwkwkwk, ojok misuan mbok de, hahah, aku kepingkel moco tulisanmu, jan asli, ngarai weteng mules kakean sambel hahaha, lapo ngga nyeblok ae, kan lumayan oleh bonus pecahane gelas wkwkwkwk.. peace ceceeeeeeeee :P

    BalasHapus
  10. komentar atas postingan: Seperti biasa>>Mantap banget. Kalo boleh usul bikin videonya diterjemahkan ke English. Berita Bagus lho. Satu lagi, bukunya gak kuaaat!!!!!!

    BalasHapus
  11. Hahaha.. lucu..
    Btw, sarangnya mirip sarang para awak kapal selam ya jeng?

    BalasHapus
  12. mantab kata 'china kentirnya' kekekekekke

    BalasHapus
  13. dan coook nya juga dapet wel... kikikiki

    BalasHapus
  14. huahahaha... betul banget pertanyaan terakhir, apa gaji bakalan naik?! hihihi

    btw, tuh tangga gag bisa dibikin permanent ajah? :D

    BalasHapus
  15. @wilyo, hmm...hanks

    @Penikmat buku, xixixii...belum pernah jatuh sih..

    @nanang handoyo, wakakakk...munyuk yg satu ni langka, tiada duanya xixixii...

    @fanny, ya beginilah nasippp...ya nasipp...

    @fai cong, judulna napa yah? xixiii..lam kembali...

    @Rawins, aq berharap dhuwurku 180 cm kang, tapi cuma entuk jatah 156 cm wae. Tangga ne kuwi 1,5 m tapi kasurku isih dhuwur maneh kang, 2,2 m dari lantai. Btw suaraku mpuk ta, tapi wegiaaahhh nek mbok kon turu ngisor mesin cuci, tegoooo...

    @inuel, weee...sawangen tho, xixixii...jarang update. jajal dirimu ngidak pecahan gelas gelem po ra? tak jewer tenan...xixxiiii...

    @eko Wuriyanto, xixixiii, ada pidio dlm bhs Inggris juga seh pak, tapi bhs Inggrisnya ga pakek grammar, hehehe...jadi mau upload disini malu2in...xixixii...btw, itu bukunya dah berkurang banyak, biasanya dari ujung ke ujung rak penuh buku.

    @ndeos, xixixii...grontol jagung...

    @pipit, xixixi...tapi nyaman kok and full akses internet, xixixi..

    @buwel, xixiii..

    @achen, huahahhhaa..

    @quinie, waduh kalo tangganya dibikin permanent ga ada tempat buat jalan mbak...hehhehe...

    @TO ALL....makasih atas komen nya...

    BalasHapus
  16. Mbak, kayaknya aku ga berani deh punya sarang kayak punyamu, aku takut ketinggian ... Mending aku dibawah aja, nyelimpet2 sambil gelar tikar, daripada tidur diatas tapi deg2an mulu hehehe

    BalasHapus
  17. hehehe.. sabar mbak.. belum juga si bos naik gaji.. njenengan wes minta naik dl.. kasihlah dia kesempatan untuk merasakan "naiknya" sang gaji :D

    BalasHapus
  18. jeng, aku nyasar nag kene, tapi moco tulisan mu aku jadi kesengsem :D kape tak backlink nang ngon ku

    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

    BalasHapus
  19. Mbak, itu apa ndak ada kamar lain apa? *padahal dulu, mbak dah ngasih lihat khan? tapi, aku masih lum percaya?* :( mbak Rie emang hebat.

    Mbak Rie sekarang rajin BW yah? :) sip, semangat!

    BalasHapus
  20. Ketawa abis baca cerita nya mbak..
    kok munyuk sih.. wekekekeke....
    jadi ingat cowokku suka nyebutin kata itu kalo liat aq ngambek..heheheh pisssssss

    Salam kenal mbak ririe...
    blognya keren..

    BalasHapus
  21. Sangat kreatif bos jenengan ya, sampai memiliki sarang buat babu nya. Lebih kreatif lagi Panjenengan mbak yu, akan coretan juga ceritanya.

    Lama tidak silahturahmi dan salam buat Bosnya deh.

    BalasHapus
  22. Cerita yang menarik, sarang yang nyaman. Slamat bejuang, semoga sukses dan bahagia dalam memperjuangkan hidup dan kehidupan yang indah ini.

    BalasHapus
  23. ya ampun mba..lucu banget sih, bahaya banget tuh dikagetin begitu, untung bos-nya akhirnya sadar. hahahaha, ada-ada j si yaa

    BalasHapus
  24. Hai... salam kenal, saya Michael siregar sering ke Hong Kong, kalau tinggal di Happy Valley khan nggak terlalu jauh ke Causeway Bay.
    tulisannya bagus Mbak sangat berbakat menulis... kalau kapan kapan saya ke Hong Kong kita bisa bertemu ...
    Salam Persahabatan dari Portsaid Mesir.

    BalasHapus
  25. Lah dalah yu...yu...rika kiye kalakuane jan ?!

    Dadi kemutan Pitik Babon-e inyong sing petarangan-e ana nang duwur pawon....

    Ckakakak...!!!

    BalasHapus
  26. Jeng rie, koq lama gak update soh :?: jadi kangen nih :D oh ya, ada titipan award ditempatku. Diambil ya :?: :!: :?:

    BalasHapus
  27. wakkakakkkk...melu ngakak dech baca kisah mu jeng...jan blog ke sampean tambah keren ,,top markotop dech:^_*

    BalasHapus
  28. ceritane mak josss,..sing sabar ae mbak

    BalasHapus
  29. emang orang hidup banyak kisah panjang..yang perlu di mengerti dan dinikmati..smangat truss

    BalasHapus
  30. Ha.ha baru ini saya ketemu blog seperti blog sampeyan...biasanya formil melulu...Salam kenal dan mampir ya...

    BalasHapus
  31. apikk..tenann..weleh mbak rie...pancen oye..blog mu kuwi..ck..ck.. gak salah deh panitia yg ngasih penghargaan Bronze ke blog mbak rie ni, inspiring..!! ajari aku nulis kyak gitu dunk.. salam dr temen2 TKI di jeddah..wslm.

    BalasHapus
  32. ya amplooooooopp, qiqiiqiqiqiiqi..gk kebayang deh kalau ditangkep nuruninnya ke' film2 indihe itu :p

    BalasHapus
  33. :( :( :(
    saya di sini tempo hari ada dapur tidak terpakai saja, mau dibuat tempat tinggal rewang, yo gak tegel. jadi deh gak ada rewang, semua-mua dikerjain sendiri. padahal udah capeeeeek ....
    rasanya kok kurang manusiawi gitu lho klo gak ngasih kamar sendiri wlo pun seuprit.
    eh ini di luar negeri malah sama aja ya :(

    BalasHapus
  34. asiik juga tulisanmu..romantika yg bisa bikin tersenyum
    senyum2 sendiri maksudnyaaa

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...