Bila Emak Kirim Mangga ke Hong Kong

Jasa pengiriman barang BAI menggerutuiku karena aku gagal mengambil paketan pada hari Sabtu.  BAI juga mengkhawatirkan paketan yang berisi makanan itu akan busuk bila terlalu lama di gudang pengambilan. Berhubung Sabtu aku tak jadi libur, maka baru keesokan harinya aku sempat mengambilnya, itupun setelah berlari-lari menyerahkan pesanan online kepada kostumerku dari satu titik ke titik lain (masih di daerah Causeway Bay-untuk kisah jualan onlineku ini mungkin akan kutuliskan nanti).

Aku menggeret salah seorang kawan yang jarang banget libur. Menggeretnya, memegang erat tangannya hingga dia tak bisa menolak untuk berkata tidak untuk mengikutiku (sukurin Wiek, haha..!). Kemudian bersamanya aku menuju gudang pengiriman barang, menyeret sebuah kardus lalu membukanya persis di lorong apartemen.

455 dolar, pikirku.

"455 dolar," gerutuku.

"Iki apa wae ta Wiek kok sampek meh 500 dolar ki," kataku pada Awiek.

"Astagfirullah, akeh men. Gek paket pelem wae kok sampek 750 ewu lho, kaujo aaa...!" gerutuku.

23 buah mangga, 2 kilogram sambel pecel dan seplastik enjet (batu kapur yang sudah dilunakkan) terdapat di kardus bekas kardus Indomie itu. Saat kuterima pada Minggu (15 Des'13) lalu, kerdus itu sudah lembek, basah, bau dan berminyak. Tiga di antara mangga-mangga itu sudah busuk. Sebelas lagi gembuk, selebihnya tidak begitu ok tapi juga tidak begitu gembuk.

"Nyenengke wong tua, Mbak. Jenenge wong tua pengin ngirim anake lho. Piye maneh, ya ben lah," bujuk Awiek.

Aku masih membayangkan biaya pengiriman sebesar 455 dolar alias 750 ribu. Betapa besar uang itu bagiku. Aku membayangkan ketika aku butuh setidaknya 2x5 hari ngepel lantai, 5x5 hari ngosek WC ditambah belanja, nyuci pakaian, masak plus diomeli majikan. Aku membayangkan betapa aku akan kehilangan kesempatan ikut kursus ini dan itu dengan uang itu. Aku membayangkan betapa...

"Lha timbang dipakek buat mbayar biaya pemaketan, 750 ewu lho bisa buat tambah transfer dhuwit emak," gerutuku lagi.
"Di sini mau makan mangga lho tinggal ke pasar beli yang 30 dolar udah dapet guedhe. Itu lho buat beli di sini udah dapet 15 buah lebih. Lagian siapa yang mau makan mangga sebanyak ini? Pengin mencret apa? UUgghhh...!" tambahku.

"Mbaak...nyenengke wong tua, Mbaaakkk!" kata Awiek lagi, nadanya sedikit meninggi tapi dengan ujung bibir tertarik ke atas.

Aku tak habis pikir, apa sih yang emak pikirkan saat mengirim paketan ini? Aku geram, aku ingin marah pula. Tapi sewaktu aku dial nomer telpon bapak (bapak yang merawatku), beliau tak menjawab panggilan telponku. Dan saat aku menelpon mbak Titik, kakakku, dia sedang sibuk.Olala!

Lalu kulimpahkan marahku pada Awiek. Kupasrahkan empat buah mangga padanya dengan harapan bisa mengurangi bebanku, ternyata paketan itu berat, seberat 13 kilogram, belum ketambahan paketan lainnya dan barang daganganku dan berkah hujan pada hari itu. Dan kembali harus kurayu-paksa Awiek untuk membantuku membawa pulang (ke rumah bos) barang-barang itu.

Lalu...

Hari Selasa (17 Des'13) aku baru berkesempatan menelpon bapak. Dan sewaktu kukatakan bahwa paketan itu telah sampai dan telah aku nikmati, beberapa cerita mengalir lancar tanpa aku mempunyai kesempatan untuk memenggal atau menyela.

Beliau bercerita bagaimana emak membeli kacang langsung dari petaninya kemudian dikupasnya lalu menungguinya saat kacang-kacang itu dijemur. Menggorengnya lalu membawanya ke pasar untuk diselep (dan harus satu jam menunggu giliran). Beliau menceritakan bagaimana beliau mengambil mangga. Mangga itu setelah dipetik langsung dimasukkan kardus. Dipilih yang bagus-bagus, besar-besar dan yang paling tua. Bapak yang biasanya mengunduh mangga dengan gotek mendadak harus memanjat pohon mangga yang penuh dengan semut krangkang. Lalu beliau juga menceritakan kehebohan saat mangga-mangga dan sambel pecel itu dikemas dalam kerdus.

Aku tersenyum, ternganga, terpana dan entah ter-ter apa lagi. Yang jelas cerita-cerita itu kurasakan lebih hebat dari pada kehilanganku atas 455 dolar atau 750 ribu. Cerita-cerita itu begitu penuh dengan cinta dan ketulusan dari orang-orang yang mencintaiku (dan kucintai). Cerita-cerita itu begitu penuh tenaga, penuh semangat dan membuatku hangat.

"Takkirimi akeh, ben awakmu isa melu ngrasakne, ben kancamu ya isa melu ngincipi," kata bapak.

O, jadi itu toh alasan bapak dan emak mengirim sedemikian banyak mangga dan sambel pecel. Katanya kalau yang 10 buah busuk, masih ada 13 buah yang baik yang bisa aku makan bersama kawan-kawanku (dan memang juga aku bagi-bagikan kepada kawan-kawanku).

Pribadi-pribadi yang sederhana itu entah berapa kali telah membuatku kalah. Betapa cara pikir mereka yang simple, melihat sesuatu dari sisi lain, membuat sesuatu yang kurasakan berat sebenarnya/menjadi tak terasa.

Dan sewaktu telpon itu kuakhiri, tak sedikitpun aku menyinggung besarnya biaya pemaketan yang harus kubayarkan. Bukankah semua sudah terbayarkan lunas dengan cerita-cerita itu? Sudah tak membebaniku lagi.

breakfast, lunch, dinner: sambel pecel plus dessert mangga selama seminggu!



***pesan moral: cinta itu mahal maaakkk...!


35 komentar :

  1. Mungkin bukan hanya mahal, tapi tak ternilai harganya. :')

    BalasHapus
  2. wah..masih nulis di blog ya mbak? yang lain udah pada hijrah ke fb dan twitter tuh. emang masih jaman ngeblog? hehe..

    BalasHapus
  3. cerita dan penuturan yang asyik mbak :) blogging memang mengasyikkan karena kita bisa berkuasa atas apa yang kita ingin unggah dan tulis. Blogging beda dengan social media seperti FB dan twitter, karena blogging menuntut pemiliknya untuk lebih kreatif dalam menulis konten, berkreasi dengan tatat letak dan halaman. Salut dan salam kenal mbak

    BalasHapus
  4. Netes air mataku mbak mbaca cerita sampeyan ini. Jadi kangen emakku. dari SMP dah tinggal jauh dari orang tua, sering banget ngirimi paketan2 makanan buat anak2 nya (baca: aku n mbak-masku). Bahkan sampe sekarang anak2nya dah pada gede2 dan berkeluarga.

    jadi inget bagaimana emakku sering nyimpen makanan/jajan/buah/tart dll yg didapet dari hantaran temennya, kondangan, acara atau dari mana aja buat dikirim ke kami2 ini, atau dibawa pas beliau kemari (dulu ibu tinggal di banyuwangi, kami anak2nya sekolah di Surabaya). makanan tersebut wis meh njamur pas nyampe di kami, buah wis podo kisut2, dan sebagainya lah... tapi karena dibawa dengan "cinta", "kasih saying", "pengorbanan", semua tetap terasa nikmat... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Ni awalnya terkaget-kaget dengan mahalnya biaya pemaketan dan banyaknya mangga dan sambel pecel. Tapi setelah mendengar cerita dari bapak dan emak jadi nyessss....hehe..

      Hapus
  5. Orang tua kita mencintai kita dengan tulus dengan caranya sendiri,,,

    BalasHapus
  6. diancuk....maca artikel marahi mbrebes wae....... (nb: enjet - dapat dipakai untuk bikin manisan, mangga sing jik kemlampo diris direndem air enjet - bien mengkal, bisane se kates mengkal.....alias durung mateng bangeeettt. trus direbus air gula, jo lali tambahi jingga mek'e jreng

    BalasHapus
  7. Cerita yang sangat menyentuh nurani,,,makasih mba,,,,tulisannya enteng tapi runtut dan berisi

    BalasHapus
  8. mau kerja nyempetin baca koran jawa pos,eh..ada liputan tentang sampeyan.langsung ke tkp deh..salam kenal :-D

    BalasHapus
  9. betul kata orang, "cinta nggak bisa dibeli dengan uang"
    jadi lupa mahalnya biaya paket karena melihat ketulusan ngirim mangga dari kampung :)

    BalasHapus
  10. Ha ha ha.. seneng banget baca ceritanya. Kata-katanya renyah banget koyo peyek, bahasanya empuk koyo telo godog.

    Salam kenal ya.. tahu dari Koran jawa pos beberapa hari yang lalu. Selamat ya..sudah bisa masuk Jawa Pos.
    Kalo aku buruan koran Jawa pos koran sobek saja belum pernah di muat. ha ha ha ha
    www.caradantips.com

    BalasHapus
  11. dari share temen mampir kesini dan melihat sisi lain dari cerita anak bangsa dinegeri orang , semoga lancar dan barokah mbk :)

    BalasHapus
  12. sangat menyentuh mbak,,betapa sayang nya orangtua pada mbak :) saya tahu kisah nya dari Vemale.com..Selamat berjuang di negara orang ya mbak...sukses selalu

    BalasHapus
  13. salam kenal mbak Rie, kebeneran aku yo tonggone sampean wong Cepu, moco artikel e dadi mbrebes mili, ngerti blog e sampean dari Jawa post salut sama perjuangan embak.

    BalasHapus
  14. jempol buat mu mba. suka sama ceritanya, mrebes mili inget ortu yang sering jauh2 bawa beras sekarung naik kereta buat anaknya yg merantau. salam kenal ya mba, sukses terus ya

    BalasHapus
  15. sampe netes air mata baca cerita nya sih mbak..
    terharuuuu, hiks hiks hiks

    BalasHapus
  16. emang bener mbak, kasih sayang orang tua itu gak ada batasnya
    tulus, ikhlas, sederhana, & sulit lah buat diungkapkan dgn kata-kata
    terharu aku abis baca ceritanya mbak'e, sampek bingung mau komen apa
    wis semoga sukses dalam merantau mbak

    BalasHapus
  17. hiks mengharu biru...cinta ortu tak ternilai dgn uang sekalipun

    BalasHapus
  18. terharu banget saya bacanya mba :( orangtuaku perhatiannya juga selalu begitu, bawa atau kirim makanan ke kosan. kalau mereka seperti itu rasanya sangat mencintai mereka dan tidak tau (terkadang) mau balas apa.

    BalasHapus
  19. wong tuo seng sayang karo anak wedoke seng ayu dewe....mbak sri aq baru pertama buka blog mbak sri.(salam kenal ya mbak).dikirimi pelem gadung karo sambel pecel to mbak?.aduh enak cahhh....seng mantep sambele mbak.....

    BalasHapus
  20. Hiks... mbrebes mili aku bacanya. Huhuhu... bersyukurlah kita yang masih punya orang-orang yang menyayangi kita. Semoga Tuhan melindungi mereka semua... :'))

    BalasHapus
  21. Begitulah mba orang tua kita dikampung.sebenarnya merrka ingin kita bisa menikmati bersama apa yg mereka nikmati.
    Bahkan saya pas mau berangkat keHK beberapa waktu lalu harus membawa barang sebanyak 75kg padahal jatah bawaan cuman 20kg.beruntung saya ada teman yang bisa dititipin.tapi tetep saja kelebihan dan harus bayar.tapi kehilangan uang untuk barang yg tidak ada harganya tapu bisa menyenangkan hati orang tua itu sangat luar biasa.yang oenting mereka senang

    BalasHapus
  22. aaaaaaaah mba rie,,, sampe hampir nangis bacanya ><

    salam kenal mba, saya yang cuma merantau sekolah di semarang aja sering banget terharu sama bapak emak di kebumen. salut sekali sama mba rie..
    saya lagi di kampus, nemu koran jawa pos yang ada artikel tentang mba rie, langsung deh online cari babu ngeblog.

    terus semangat nulis mba....

    BalasHapus
  23. Karena ibu dan ayah kta slalu mencintai kta penuh dgn ketulusan. Meski kdn tidak ternilai di mta orang. I LOVE U. Ayah bunda q

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...