Ada Babu Ngeblog di Jawa Pos

Ketika aku membuka Facebookku pada Senin, 17 Maret, pukul 8.30 pagi,sudah ada tiga pesan menggedor-gedor pintu inbox untuk segera dibuka. Dan setelah aku buka, mak jreengg.., ketiga-tiganya berisi sama, sebuah foto dan tulisan (hampir sama), "profilmu dan blogmu di Jawa Pos hari ini".

Selang sekian menit, sekian puluh mention menghampiriku. Berhubung hari Senin adalah jatahku berkeliling Hong Kong untuk ngapelin tukang jagal ayam, tukang jagal sapi, tukang jagal babi, bakul iwak dan penjual sayur, maka ya kuabaikan. Tugas dari nyonyah bos tak boleh dinomorduakan.

Eh, sempat mengintip blog lewat HP dines, karena HPku sendiri  hampir tiga minggu rusak dan baru bisa beli tagl 18 (HP dines= HP pemberian pak bos khusus untuk whatsapp atau telpon bos dan keluarganya saja), sempat menginceng e-mail (48 e-mail pada 17 Maret) dan stat blog yang tiba-tiba mencolot tinggi sekali, 11.100 hits pada tanggal 17 Maret jam 11 malam. Wow! Biasa juga cuma sekitaran 300-500 perhari kalau pas gak ada postingan baru.

Lalu mulailah ritual awal, ngubek internet. Eh terus karena stat blog masih di atas 6 ribu hingga tanggal 21 maka ngubek internet lewat hp dines berkelanjutan. Iki jan-jane sing ditulis di Jawa Pos apa sih kok sampai segitunya?

Dan ketemu di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini. Lho...lho...lho.... Kok banyak amat?
(jadi pengin malu**)

Pada (kalau nggak salah) tanggal 11 Februari, mas Abdul Ringgo dari Jawa Pos e-mail aku. Beliau yang ada jadwal seminar (entah seminar apa) di Hong Kong, ingin menemui aku. Aku sih enggak keberatan, toh sudah beberapa kali mahasiswa, LSM, peneliti dari Indonesia yang datang dan mengajak ketemuan sehubungan dengan riset, makalah atau essay mereka. Lagian di Hong Kong ini, ketemuannya juga di tempat umum, di Mc'Donald di ruas jalan Yee Wo Street, Causeway Bay. Siang hari pula. Apa yang patut ditakuti atau dicurigai?

Inilah saat aku harus korupsi waktu kerja untuk kesekian kalinya. Aku hanya bisa menjanjikan 2-3 jam ngobrol, tak lebih. Itupun sudah terhitung lama. Dan ngobrollah kami tentang ceritaku mengenal laptop, awal mula ngeblog dan sebagainya.

Judul di artikel JP: "Dulu Enter Saja Tak Tahu, Kini Ribuan Pembaca Menunggu" sempat membuatku tertegun. Ya memang dulu tombol enter yang mana saja aku enggak tahu. Hanya dikasih tahu bos tombol power dan icon internet explorer. Selebihnya, beliau selalu bilang: "Find it in google" setiap kali aku bertanya sesuatu. Kalau...ribuan pembaca? Benarkah? Lalu aku dikagetkan oleh lamunanku sendiri bahwa TKW-Hong Kong jumlahnya lebih dari 170 ribu. Dan bila aku mengenal lebih dari 30 organisasi bentukan TKW-HK yang dari perorganisasi anggotanya bisa mencapai 100 orang, yang kebetulan juga aku kenal dan mengenalku karena blogku belum lagi ketambahan teman dari FB dan blogger dari Indonesia, maka judul itu bukan bualan. Toh saat aku konsen di jualan online dan membiarkan blog berkarat karena tak kusentuh, selalu ada teguran dari teman dan e-mail atau whatsapp yang membuatku malu disebut blogger (non aktif).

Lalu bagaimana dengan isi tulisan di JP?
Ada beberapa hal yang membuatku mengernyitkan kening saat membaca artikel di JP itu. Seperti pernyataan bahwa aku gonta-ganti majikan. Kapan ya aku bilang gitu? Majikanku cuma satu, sembilan tahun sudah aku mengabdi kepada mereka dan cerita-cerita tentang mereka selalu aku tulis di blog ini. Pertengkaran-pertengkaranku dengan mereka, kebodohanku dan keras kepalanya kami selalu aku kemas di label celotehan. Kalau aku enggak mau diremehkan bos memang iya, kalau aku memilih bertengkar dengan mereka karena selisih pendapat atau kurang setuju terhadap sesuatu atau tak mau disalah-salahin mulu juga sering. Kalau aku gonta-ganti majikan? Enggaaakkkk..!! Hehehe...

Lalu soal uang dari Malaysia, aku gak pernah nyebutin nominal. Kalaupun aku sebut tentunya tidak segitu. Gimana bisa uang segitu untuk mendirikan rumah? Dan saat pertama didirikan, rumahku hanya 10 (bukan 12) jendela, dari mimpiku untuk memiliki 15 jendela. Ya memang terpaksa harus menerima rumah 10 jendela itu, tapi kepikiran terus hingga akhirnya Juli tahun 2011 rumah itu aku jebol untuk membuat lima jendela lagi (ini mau mewujudkan mimpi atau gila?).

Lalu tentang cerita bersambung di Jaya Baya, itu mah cerita pendek dan cerita anak dan artikel, profil yang dimuat di sana. Kalau cerita bersambung dalam bahasa Jawa, waduh ini masih planning mau buat buku/novel gitu, sebenernya juga Off the Record, auwww.... Jadi malu sama mbak Titah Rahayu yang mbaureksa Jaya Baya itu.

Cuma itu saja sih yang mengganjal tentang tulisan di JP. Selain yang aku komplinkan di atas, sudah sesuai dengan ceritaku yang memang begitu.

Ada yang lucu pada tanggal 18 Maret lalu, saat aku menelpon mbakku. Katanya, orang sedesa sempet dihebohkan oleh berita bahwa aku mau nikah dengan orang Hong Kong di Hong Kong. Whaaattt...???
Iya kalii...itu kalau si keren Chow Yun Fat yang memintaku, hehe! Tapi boro-boro, paling cuma diminta jadi babunya, wkwkwk....

Sebenernya pak lurah desaku ditelpon oleh temennya yang jadi lurah di Blora, lurah Blora itu bertanya apa ada warga desa yang bernama Sri estari di desa Cabak yang kerja di HK soalnya lagi ada berita di koran.. Trus pak carik denger, cuma gak jelas. Trus bilang sama punggawa desa lainnya dan istrinya bahwa Sri Lestari mau nikah di Hong Kong. Trus sang istri bilang sama tetangganya kalau aku mau nikah dengan orang HK di HK, trus tetangganya bilang sama tetangganya bahwa aku mau nikah dengan orang HK di HK dan lagi proses surat, trus tetangganya tetangganya bilang sama tetangganya kalau aku aku mau nikah dengan orang HK di HK dan lagi proses surat dan harus cepet, trus tetangganya tetangga tetangganya bilang sama handai taulan dan tetangganya kalau aku mau nikah sama orang HK di HK dan sedang proses surat dan harus cepet-cepet karena aku sedang kenapa-napa trus sampailah cerita itu pada emakku. Dan alhamdulillah emak tak memakan mentah-mentah cerita itu, walau bulik, budhe, pak dhe sudah nangis enggak karuan mendengar berita itu. Beliau langsung menghadap pak lurah dan bertanya langsung. Terlebih emak mempunyai keyakinan bahwa aku tak akan melangkahi beliau. Mosok mau nikah gak bilang emak? Ih terlalu deh.

Ya begitulah.

Ini ngeblognya udahan dulu ya. (ngeblog pakek HP di perjalanan pulang dari menjenguk nenek)

Ini sudah mau nyampek rumah bos.

Eh malah udah sampek depan pintu.

Terimakasih kepada semuanya yang telah menyempatkan diri bertandang ke Babu Ngeblog. Terimakasih atas komentar-komentarnya. terimakasih atas e-mailnya. terimakasih atas apresiasinya.
Semoga bisa aktif ngeblog lagi, semoga bisa berbagi lagi.

Akan ada kejutan 2-3 bulan lagi. Kejutan untuk semuanya.
Tapi gak ngomong dulu deh, entar gak kejutan dong, hehehe...

Salam dan terimakasih.

Rie Blora/Rie Lestari/Rie Rie/Sri Lestari/SLI/Lestari/Tari/Rere
(yuuuhhhh...akeh men alias-e...lha itu nama pena gonta-ganti mulu, hehe...)

66 komentar :

  1. Tjieeeeee
    Selamat, ya, Mak
    Huehehehe
    Akhirnya ditulis juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada ngganjel...
      Eh ternyata panjang juga nulis sejam di bis...pantes telunjukku kriting..wkwk..

      Hapus
  2. Jadi kamu mau kawin di blog lagi, Rie...?

    *Nabrak pintu rumahnya ndara :P

    BalasHapus
  3. kutunggu kejutannya ... hehe mbak bikin penasaran aja nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe....pasti ada kok nanti..hehe...

      #salam kenal

      Hapus
  4. ditunggu kejutannya ������ jempol buatmu rie

    BalasHapus
  5. Selamaaat!
    Beneran mau nikah sama Chow Yun Fat? Udah tua. Cari yang mudaan aja :D

    BalasHapus
  6. mbak rie, saya ada kirim email, sudah dicek apa belum ya hehe..
    salam kenal

    BalasHapus
  7. jempol.rie rie...semangat terus ya!! sukses terus!! aq juga ex.tkw hongkong th 2004 aq skrg menetap di surabaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak Atik.
      Semoga saya juga segera menetap di Blora :) aamiin.

      Hapus
  8. Hahahaha......aku daftar Dadi pengiring manten

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. lho lho lho....dan kutunggu amplopnya...wkwkwk...

      Hapus
  10. Heemmm nek yu rie emang jempolan kok,,,#cepluukk

    BalasHapus
  11. Kejutane aja dikejutne lah. Garai gak pada terkejut :P

    BalasHapus
  12. Rie temenku namanya Sunarti memang sudah nikah dengan orang HK di HK, kamu kenal gak? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh...maaf ya...saya kok enggak tahu ya...

      Hapus
  13. Mbak Rie, kereenn selamatlah pokoke, salam dari MBanyumas....

    BalasHapus
  14. Selamat, mbak..... saya juga udah baca di Jambi Independent (group jawa pos).....:)

    BalasHapus
  15. wuuiiih.. mantap banget deh mak, sukses selalu yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh duuhh....mbaakkkk aja...kalo mak di grup FB aja ya..hehe...

      Hapus
  16. asslamualaikum,salam kenal ya mbak aku dr bojonegoro tetanggaan sama blora hehe...
    aku baca tulisan tentang mbk rie di jawa pos itu dan jujur bikin aku pnasaran
    pengen tahu blognya.akhirnya ketemu deh n baca2 tulisanya
    salut buat mbak rie tulisanya bgus dan menginspirasi.
    sukses slalu ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bojonegoro...
      eh tetangga...terimakasih sudah mampir ya...

      Hapus
  17. maju terus mbak sri....awas nabrak hhheeeehhheeee......
    aq tunggu kejutannya ok....

    BalasHapus
  18. siippp...majulah blogger Indonesia,sukses ya mbak,salam kenal dari Jember

    BalasHapus
  19. Uwooowwww... Keren Mbak Babu.
    Gapapa kan saya panggil gitu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan saja. Saya orangnya santai kok, hehe...

      Hapus
  20. selamat ya bisa masuk di jawa pos.. ;)
    salam kenal juga

    BalasHapus
  21. Waaah selamat ya Mbak XD Hehehe... JP suka gitu memang Mbak. Beberapa elemen beritanya dimodif biar lebih "menarik" katanya.

    Dari berita berkembang jadgi gosip selebriti ya Mbak wkwk

    anyway, kunjungi konsep trailerku di sini ya Mbak. Vote kalau suka heheh

    https://buronanfilm.com/id/showcase/iqro/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...namanya juga koran ya..hehe...

      kadang trailernya sereemmmm..!

      Hapus
  22. salut buat mbk sri di sela sela kesibukan ngurus rumah masih sempat menulis dengan kalimat yang bagus sekali........... saya aja yang setiap harinya didepan laptop tapi belum bisa menulis dengan benar terlebih menarik.......
    selamat ya.. mbk sri adalah penulis yang berbakat.. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih..
      memanfaatkan waktu senggang saja, hehe..., ngeblog juga pakai HP saja sekarang. Jarang pakai lappy.

      Hapus
  23. weh.. keren mbak
    koyok'e mbesuk yen sampean mulih nang indonesia enek tawaran main film mbak
    judule BBB "Bukan Babu Biasa"

    BalasHapus
    Balasan
    1. suwer...ngakak baca namanya yang dirubah gitu..wkwkwk...
      semoga saja nanti ya..hehe..aamiin

      Hapus
  24. Selamat ya mbak... aku baca di japos loooh

    BalasHapus
  25. Blog pualeng"Guling", full of persona.. .
    klo uda Balik ke indo"nYaleg''ato minim jdi Lurah,, , ^____^

    BalasHapus
  26. Wah, ternyata mbak riri yang dimuat di jawa pos yang judulnya babu ngeblog?
    sangat inspiratif banget mbak.. salam.

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...