Dilema Kunghei Fat Choi

Kemarin malam bos memarahiku..oh ya...hal sama yang sering di lakukannya menjelang hari raya imlek, mungkin karena imlek adalah hari terbesar baginya, dia nervous.

Kupandangi wajah manisnya yang tiba-tiba berubah seperti Farida Pasha sewaktu bermake up untuk memerankan tokoh Mak Lampir, aku sedikit merinding. Tetapi kemudian aku tersenyum-senyum, mengingat nasihat dari miss Sou(agenku) dulu: "Kalau bos itu marahin kamu, anggap saja HK$ 3400 keluar dari mulutnya. HK$3.400 itu lima juta lho, bayangin aja lima juta yang mengalir dari mulutnya."

"Tomorrow is Chinesse new year, lha ini sepatu Katelyn kok belum di semir juga?" tanyanya dengan nada tinggi.

"Can I do it later? Sekarang saya lagi masak," jawabku.

"Nanti kamu lupa! Bawa masuk sekarang, sekarang kamu malas dan suka membantah ya!" bentaknya.

Ah dimana-mana bos itu sama, mereka menerapkan dua pasal di rumahnya yang harus di patuhi babunya, yaitu:
pasal 1: Semua bos adalah benar
pasal 2: Kalau bos salah, lihat pasal satu.

Masihpun kudengar celotehannya yang semakin meninggi padahal saat itu ada 2 tamu yang datang ke rumahnya untuk makan malam. Sehari menjelang imlek selalu adalah hari petaka buatku, sedari pagi bos mengecek semua sudut ruangan hingga jendela dan juga kamarku, mengecek kebersihannya. Dia memfatwa haram bagi debu dan kotoran di hari raya imlek. Aku pusing juga di buatnya, hanya satu kalimat yang aku ucapkan yang kemudian menghentikannya mengoceh.

"Kalau sudah tak suka lagi dengan cara kerja saya ya gimana lagi, pulangkan saja saya ke agen," kataku. Kata-kataku tadi membuatnya diam sedangkan aku sendiri terkejut dengan apa yang telah kuucapkan. Betapa beraninya aku menantang seorang bos, celaka! Bagaimana kalau dia kemudian melemparkan tas dan pakaianku dan mengusirku saat itu juga? Padahal hanya seratus dolar saja yang ada di dompetku pada saat itu, tak cukup untuk menyewa penginapan semalam.

Kerjaku malam itu kulakukan dengan hati berdebar antara rasa takut juga jengkel yang teramat sangat.

Ketika tamu pulang dan kukira tugasku hari itu telah rampung, aku di sodori uang kertas beratus-ratus lembar beserta ratusan amplop berwarna merah dan keemasan. Membungkusi leisi/angpow yang hendak di bagi-bagikan keesokan harinya adalah tugas terakhirku hari itu.

"Bissmilahirohmanirrohimm, semprong bolong buntu alu, duwit 500 dolar kanggo aku," demikian aku berdoa sebelum memulai tugas akhirku itu. Sedemikian khusuknya aku hingga tak terasa sudah pukul 1 dini hari ketika lembar terakhir kumasukkan ke dalam amplop terakhir. Pernahkah Anda bekerja hingga selarut itu?
-------------

Keesokan harinya pukul 6 pagi ketika aku bersiap menuju rumah mamah(=nenek=ibu dari bos lakiku) yang berada di Mongkok, bos lakiku sudah bangun dan menyerahkan amplop bergambar winnie the pooh kepadaku.

"Wah amplopnya beda," pikirku. "Pasti isinya beda juga, 500 dolarkah?" tanyaku dalam hati.

"Toce, toce! Kunghei fat choi, mansin sin yi, sandhai kinhong. Toce, Toce(Terimakasih! Selamat tahun baru, semoga berkah dan sehat selalu. Terimakasih!" kataku pada sang bos dengan sopan dan muka berseri-seri.

"Are you going to mamah's house now?" tanya beliau.

"Yes," jawabku.

Rumah mamah berada di Mongkok, 45 menit perjalanan dengan MTR. Dan tugasku hari itu adalah membantunya memasak untuk sembahyangan. Mamah orangnya ramah dan baik, diapun penyabar, sifatnya persis seperti bos lakiku, dan dia jago memasak.

Ada 9 hidangan yang di masak di pagi itu, mulai dari sayur, ikan, ayam, hingga daging babi. Dan aku merasa gerah sekali padahal hari itu udara cukup dingin, 14 derajat celsius. Dengan dapur hanya berukuran 2,5 x 4 meter saja aku dan mamah seperti sedang bertempur melawan wajan dan panci selama 2 jam di dapur.

Dan ketika aku membayangkan kelezatan siyau kai(ayam saos kikkoman) beserta brokoli yang di masak dengan abalone aku membuka leisi di dalam toilet.

"Bissmilahirohmanirrohimm, semprong bolong buntu alu, duwit 500 dolar kanggo aku," doaku.
Dan ternyata...500 dolar yang kubayangkan berubah warna menjadi kertas hijau gambar gunung alias 50 dolar, waduh! Lha kok ilang satu “nol” nya, kebangeten temen!

Toilet di gedor-gedor oleh mamah. Suaranya kemudian terdengar jelas memanggilku.

"Lei co me a? Pong ngo lah(kamu lagi ngapain? Bantu aku)," kata mamah.

"Co me a mamah(bantu apa mamah?)?" tanyaku.

"Cui fan a(masak)," jawabnya.

"Lagi?" tanyaku heran.
"Dua setengah jam yang lalu 9 masakan telah disajikan, kenapa sekarang masih mau masak lagi," tanyaku padanya.

"Buat makan siang, yang tadi khan buat sembahyangan," kata mamah.

"Haaa?????" aku hanya melongo. Jadi aku masak sekian banyaknya tadi hanya untuk di makan bethoro kolo saja? Buseeetttt!!

Imlek, ramai orang bilang banyak rejeki karena banayak leisi yang di dapat, tapi kalau mau di lihat dengan seksama leisi itu tak sebanding dengan banyaknya pekerjaan dan nyanyian merdu bos atas komplin ini dan itu selama bulan itu. Ini namanya berakit-rakit melulu, berenang-renangnya entah kapan, bersakit-sakit melulu, bersenang-senangnya entah kapan. Duh...


post signature


2 komentar :

  1. intelektualitas tidak dapat di ukur dari luar seorang pribadi manusia..
    aku tau blog anda tanpa disangka-sangka..
    anda jadi sumber inspirasi buat saya nge blog...
    salam hangat...
    prengky

    BalasHapus

  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...