Bertemu Blogger dan Calon Blogger TKW Hong Kong

aku yang mana hayo?
Minggu, 16 September 2012. Sore itu aku tiba di bawah pohon palem Victoria Park, Causeway Bay, tepat pukul empat. Namun ternyata jam karet masih mendarah daging pada jiwa kawan-kawan senasipku, hanya 5 orang yang telah berada di tempat. Lhah yang diundang kok malah lebih awal dari yang mengundang? Oalah Indonesia....

Seperti janjiku pada grup Community Club (CC), sebuah grup yang digawangi oleh Romel Tea yang beranggotakan alumni pelatihan komunikasi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Juli lalu, aku berniat untuk sekedar sharing pengalaman ngeblogku selama ini.

Situasi itu melemparkanku pada kenangan akhir tahun 2008, ketika aku berkumpul dengan para blogger dan multiplyer TKW Hong Kong. Bedanya ada pada semangat dan tujuan kami ngeblog. Ngeblog bagi kami waktu itu adalah cara kami berinteraksi, menulis pengalaman diri dan protes pada sekitar atas diskriminasi yang kami terima. Sedang sekitar 20 orang (atau lebih?) yang ada dihadapanku pada sore itu memiliki tujuan dan semangat yang berbeda untuk ngeblog. Ada yang ingin mempromosikan hasil kerajinan tangan suami dan bapaknya, ada yang sekedar ingin menyimpan tulisannya yang sudah pernah muat di majalah atau koran dan yang paling banyak adalah karena lomba blog yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Hong Kong.

Ada yang bertanya tentang kemungkinan jualan lewat blog, ada yang bertanya tentang add sense, ada pula yang bertanya tentang bagaimana membuat tampilan blog yang menarik sehingga banyak pengunjung yang datang. Untuk pertanyaan terakhir itu aku menghela nafas, menyayangkan pertanyaan tersebut.

Aku sendiri memulai ngeblog sejak akhir Juni 2007. Bermula dari laptop pinjaman dari bos. Keingintahuan yang besar yang kemudian membawaku jatuh cinta pada blog kemudian bersemangat untuk belajar dan belajar lagi dengan bantuan google, hanya google. berkali-kali gagal dalam proses pengeditan, berkali-kali pula membantai blog satu demi satu karena gagal ngedit. Template pada masa itu tak sebanyak sekarang, semua serba ngedit satu persatu sedang HTML atau CSS atau Javascript itu tak kuketahui sama sekali. Ngeblog di saat itu benar-benar menguji kesabaran dan menumbuhkan ketelatenan serta semangat yang luar biasa padaku pada masa itu.

Jadi kalau ada blogger baru yang kemudian mbingungi karena template, aku rasa mereka tak sesabar aku ya? Hehe....

Ada pertanyaan menggelitik tentang apa trik ngeblogku hingga aku masih eksis hingga sekarang dan dikunjungi banyak blogwalker, ini membuatku sedikit berkeringat. Kenapa? Karena tak jarang pula aku lebih banyak selingkuh dengan Facebook, whatsapp, sms, kompasiana dan youtube yang membuatku malas ngeblog, menelantarkan blogku sekian saat.

(Ini sebenarnya adalah saran untukku sendiri bahwa) Ngeblog/blogger itu bagiku harus pinter dalam artian mengetahui benar masalah apa yang sedang dituliskannya, harus kreatif juga kadang humoris agar tulisan tidak mboseni atau monoton. Menampilkan postingan-postingan trendy yang up to date, sebisanya sesuai isu terkini juga bisa membuat blog itu tidak basi. Dan utamanya mau mendengarkan masukan dari pembaca dan bertanggung jawab bila ada kesalahan tulis yang dikoreksi oleh pembaca.

Pernah di saat dulu, aku menyematkan lagu "Tul Jaenak" di blogku sehingga saat seseorang membuka blogku mereka langsung bisa mendengarkan lagu itu. Beberapa bulan kemudian ada beberapa e-mail yang dilayangkan padaku, mereka mengatakan bahwa dengan adanya lagu itu mengganggu sekali konsentrasi mereka saat menikmati postingan-postinganku di blog. Setelah beberapa kali pertimbangan akhirnya kuputuskan untuk mengapus lagu tersebut. Toh tujuanku adalah bagaimana caranya orang mau ngubek-ngebek blogku, jadi kalau ada yang merasa terganggu, aku takut kalau mereka tak akan kembali lagi. Dan itu berarti menurunkan traffic blogku. Dan benar saja, setelah kuhapuskan lagu tersebut mereka berterimakasih padaku. Dan apalah kebahagiaan dari seorang blogger selain mendapatkan pembacanya merasa nyaman dan loyal padanya? Aku harap juga pembacaku bisa mengambil manfaat dari blogku, sukur-sukur blogku tersebut bisa menginspirasi.

Kembali lagi ke lay out. Aku mengakui bahwa sedikit banyak lay out blog berpengaruh pada orang yang sednag berkunjung namun bagiku ini bukan hal primer yang mempengaruhi seseorang untuk berkunjung kembali ke blog kita. Menurutku pembaca blog sekarang lebih mementingkan isi blog dari pada bungkus blog.

Lay out memang bisa menjadi salah satu ciri dari sebuah blog, namun sebuah blog yang berkarakter dan berciri juga bisa dilihat dari gaya kepenulisan di blog tersebut. Dan inilah sebenarnya ruh dari sebuah blog. Yang membuat blog bernyawa, hidup ya ruh itu.

Jadi mengapa harus tergesa-gesa untuk membuat blog? Membuat blog itu tidak bisa secara dadakan, sekali jadi langsung bagus, apalagi bagi blogger pemula. Butuh kesabaran dan ketelatenan juga kekreatifitasan. Selangkah demi selangkah, enggak usah ngaya lah. Lama kelamaan juga bisa. Lama kelamaan juga akan terbentuk ciri khas blog tersebut. Ya nulis saja dulu, sambil belajar pelan-pelan. Pengalaman, kesalahan, kritik dan saran dari para pengunjung akan membuat matang kemampuan seorang blogger.

Semoga saja blogger-blogger pemula di Hong Kong akan berkembang dan menyadari sepenuhnya hakekat ngeblog, indahnya berbagi dan menginformasi, dan menyemangati satu sama lain. Aamiin.


________________________________________

**foto diambil dari sini



10 komentar :

  1. setuju, belajar konsisten menulis itu saja dulu. soal yg lainnya bisa dikerjakan menyusul.
    karena yg utama dari sebuah blog dari isinya kan? sebuah blog yang cantik dan ringan ketika diakses, tapi isinya gak ada alias jarang ada tulisan yang tayang, malah mubazir toh :)

    BalasHapus
  2. blogku malah nggak ono tul jaenale hahaha super simple

    BalasHapus
  3. Bagi saya, membuat blog adalah sarana untuk mendokumenkan uneg-uneg yang saya tulis baik fiksi maupun kejadian yang saya alami sehari-hari.

    Tak terpengaruh bahwa blog kita akan banyak pengunjung atau tidak, yang penting tulisan sudah terkumpul dalam sebuah blog. Meskipun nggak terpunkiri betapa bahagianya bagi seorang bloger kalau ada pengunjung yang memberikan apresiasinya pada blog yang dibuat.

    Untuk tampilan, bagi saya lebih suka yang nyaman di mata/pada saat pembaca menikmati tulisan, seperti kata Mbak Rie di atas ada pembaca yang nggak nyaman saat Mbak memasang musik.

    Happy bloging.

    BalasHapus
  4. Saya belajar ngeblog, Pertama kali posting kok postingan saya hilang g tau posting dimana hehehehe,,mohon bantuanya kk Rie,, bgmn caranya posting berita atau tulisan Thanks before

    BalasHapus
  5. thankz buat mbak rie blora yang berkenan datang ke campus kami.... di tunggu sharing nya lagi

    BalasHapus
  6. SAYA TRI SULASTRI DARI TKW HONGKONG<<<<<


    ASSALAMUALAIKUM WR.WB..ingin berbagi cerita kepada anda semua
    bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga
    yang gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita
    dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang
    tentang ( MBAH GEDE ) dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul
    tembus.... dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya
    saya coba untuk menhubungi ( MBAH GEDE ) dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya
    untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan ( MBAH GEDE ) meman betul2 terbukti tembus
    dan saya sangat bersyukur berkat bantuan ( MBAH GEDE ) kini saya bisa pulang ke INDONESIA
    untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik ( MBAH GEDE )
    makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya
    bila butuh bantuan hubungi saja ( MBAH GEDE ) DI: <<085281586838>>
    insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya
    seorang TKW..di HongKong




    Trimakasih yg punya room





























    SAYA SRI WAHYUNI DARI CILACAP ( JATENG ) <<<<<






    Aslamu alaikum wr wb..
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank
    totalnya 600 juta
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di SMP / SMA,
    dan juga anak sementarah kuliah,DAN SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya
    dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan ( MBAH GEDE )
    hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi ( MBAH GEDE ) di No <<085281586838>>
    Semua petunjuk ( MBAH GEDE ) saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,

    Kirim Foto anda
    Alhamdulilah Demi AllAH,saya dan anak saya,
    5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih ( MBAH GEDE ) saya tidak akan melupakan jasa MBAH.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB ( MBAH GEDE )
    DI NO <<085281586838>>


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
    Pesugihan Instant 5 MILYAR
    Mulai tahun ini Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
    1:Masalah Ekonomi
    2:Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :
    Usia Minimal 21 Tahun
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda



    !!!!DAN APAPUN MASALAH ANDA, SILAHKAN SAJA ANDA CERITA!!!!

    ASSALAMUALAIKUM


    BalasHapus
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  10. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...