kedele oh kedele...tempe oh tempe...


fuuuiiiihh...
Dimana-mana di blog atopun MP, suratkabar online atopun waktu aq nelpun kerumah. Juga obrolan sesama babu di hari minggu pas liburku....ga beda2 amat yg di omongin adalah masalah kedele en tempe. Busyeeettttt!!!

Demam kedele tempe ini di alami oleh seluruh lapisan masarakat kayaknya. Dari penjual tempe bungkus daun jati sampe bungkus plastik, dari pedagang lesehan sampe pedagang restoran, dari wong ndeso sampe wong kemuto(sok Kota), dari yang mlarat sampe yang pangkat, dari yang sehat ampe yang udah mau sekarat, dari yang ...sampe yang...dan seterusnya...danseterusnya....

Sebagai contohnya adalah: penjual tempe mengeluhkan harga kedele yang bukan hanya melonjak tapi udah miber tanpa suwiwi hehehe... itu istilahku, yang artinya harganya dah naik en naik en naik setinggi2nya. Trus lagi pedagang nasi(apalagi yang punya menu andalan tempe penyet)waduh mereka tuh puyeng mo ngaseh harga. Nek kelarangen takut ga ada kostumernya lagi, nek kemurahen takut nek tombok. Lha nek wong ndeso ini jelas banget soalnya menu tempe adalah menu wajib bagi mereka. Bayangkan aja dari tempe bisa di goreng jadi lawuh, ato di kering tempe, atau di penyet, atau di sayur lodeh dan kesemuanya itu enak dimulut, di perut dan enak di dompet(itu duluuu!!). Lha nek wong sing kemutho? Mungkin mereka tuh ngikut aja kali ya??hehehe..biyar kelihatan kalo memasyarakat ato mempunyai solidaritas. Ato mungkin juga demam tempe kedele lagi ngetrend jadi harus ikut2an gitu biar ga ktinggalan trend, kalo yang bgini ini ngisin2 ni banget, memalukaan!!
Trus kalo orang pangkat? hehehehe...tanya aja ama pak mentri pertanian yg di ancam mo di pecat karena ga bisa ngatasin kedele.
Lha nek wong sehat? Ya jelas to, soale tempe khan mengandung banyak protein yang berguna banget makanya orang sehat tuh bisane suka makan tempe, hehehe...
Lha trus lha trus...nek wong sing mau sekarat? Halah tanya aja ama pak Harto, mesti beliau kan menjawab "dijaman saya dulu, kedele murah kan, iya to iya to...??" Tapi kalo pak Harto ni ga makan tempe ya "ga patheken" kok!

Oalah kedele kedele... oalah tempe tempe...
Ini baru kedele en tempe....
bayangkan ini baru kedele ama tempe!!!

0 comments :

Posting Komentar

Matur suwun wis gelem melu umuk...