Belajar Nulis Skenario Iklan

Berikut adalah copy dari iklan bank Mandiri yang aku buat yang rencananya buat diikutkan lomba skenario iklan bank Mandiri, tapi ternyata didiskualifikasi. Terimakasih tak terhingga kepada Om Google dan Pompi, momonganku yang kujadikan model cerita, hehe...Dear babungeblog readers, minta saran dan kritiknya ya....makasih.




SKENARIO IKLAN BANK MANDIRI

Everybody Welcome




Skenario karya: Sri Lestari
7 Juli 2012

________________________

KARAKTER PEMAIN

1. Kaka Kecil: periang, suka berkawan, tipe pemimpin. (delapan tahun)
2. Ade Kecil: periang, suka berkawan, tipe pemimpin, tidak suka direndahkan. (delapan tahun)
3. Kaka Besar: Periang, pekerja keras, setia kawan. (25 tahun)
4. Ade Besar: periang, pekerja keras, setia kawan (25 tahun)
5. Mama Kaka: ramah, percaya bahwa anak-anak akan baik-baik saja, suka memasak, penuh ide. (35 tahun)
6. Mama Ade:ramah, suka memasak. (35 tahun)
7. Empat kawan Kaka Kecil: periang, setia kawan.(antara 7 hingga 9 tahun)
8. Empat kawan Ade Kecil: periang, setia kawan.(antara 7 hingga 9 tahun)

______________________________________________


SINOPSIS IKLAN BANK MANDIRI
“EVERYBODY WELCOME”

Kaka dan Ade adalah kawan karib. Kaka itu cowok sedang Ade itu cewek. Mereka berdua selalu berada di garda terdepan dalam bergaul dengan teman-temannya. Mereka selalu menjadi pemimpin.
Suatu hari, Kaka dan Ade bermain kemah bersama. Dua tenda didirikan, dua grup terbentuk. Satu grup beranggotakan lima orang cewek yang diketuai oleh Ade, menghuni tenda warna pink. Sedang satu grup lagi beranggotakan lima cowok yang dipimpin oleh Kaka, menghuni tenda warna biru.
Kedua grup saling mengejek.
Di tenda Kaka, ada kardus yang bergambar kepala cewek dengan tanda silang dan tulisan “No Cewek”.
Ade geram, bersama kawannya Ade merencanakan sesuatu. Ade dan grupnya menghias tendanya dengan bunga da kain warna-warni juga kardus bergambar kepala cowok yang diberi tanda silang dan bertuliskan “No Cowok”.
Mama Ade khawatir melihat hal ini namun mama Kaka percaya mereka akan baik-baik saja. Kemudian mama Kaka berbisik kepada mama Ade. Mama Ade tersenyum, mengangguk  lalu melambaikan tangannya ke Ade. Kemudian Ade dan grupnya diberi spaghetti, donat dan permen oleh mama Ade.
Kaka berlari ke mamanya. Mama Kaka memberi buah-buahan segar, puding dan jus untuk Kaka dan grupnya.
Kedua grup saling memandang, saling mendekat, saling menunjuk makanan & minuman dengan malu-malu. Akhirnya mereka berbagi makanan dan minuman tersebut.
Dua mama tersenyum lega.
Mereka semua tertawa. Kemudian berganti Ade dan Kaka besar yang tertawa. Ade dan Kaka yang besar, keduanya bertemu di bank Mandiri ketika hendak mengadakan transaksi. 
 

__________________________________________________


SKENARIO IKLAN BANK MANDIRI
“EVERYBODY WELCOME”

01.         EXT. TAMAN. SORE
PEMAIN: MAMA KAKA, MAMA ADE, KAKA, ADE, 4 COWOK, 4 CEWEK

MAMA KAKA DAN MAMA ADE MELEPAS ANAK-ANAKNYA BERMAIN DI TAMAN DI DEKAT RUMAH MEREKA.
KAKA DAN ADE BERJALAN BERIRINGAN SAMBIL MEMBAWA FOLDABLE TENT, KE DUANYA TAMPAK RUKUN.
KEMUDIAN MUNCUL EMPAT COWOK DAN EMPAT CEWEK YANG ADALAH TEMAN BERMAIN KAKA DAN ADE. ROMBONGAN COWOK HORMAT KEPADA KAKA SEDANG ROMBONGAN CEWEK HORMAT  KEPADA ADE.
MEREKA KEMUDIAN MENDIRIKAN TENDA. KAKA DAN KAWAN-KAWANNYA MENDIRIKAN TENDA WARNA BIRU SEDANG ADE DAN KAWAN-KAWANNYA MENDIRIKAN TENDA WARNA PINK. TENDA BIRU BERDIRI TERLEBIH DAHULU.
GRUP KAKA BERSORAK
KAKA
(MELIHAT KE TENDA CEWEK, MENUNJUK-NUNJUK, TERTAWA MENGEJEK, JEMPOLNYA TANDA BAGUSNYA DITUNJUKKAN KE TENDA BIRU SEDANG JEMPOL TERBALIKNYA DITUNJUKKAN KE TENDA PINK) We…we…we…we…wee…!

ADE
(GERAM, MENGEPALKAN TANGAN KANANNYA DAN MENINJUNYA KE TELAPAK TANGAN KIRINYA SAMBIL MENJEJAKKAN KAKINYA, MARAH)

4 COWOK
(3 COWOK TURUT TERTAWA MENGEJEK. SEBUAH TANGAN MUNCUL DARI DALAM TENDA SAMBIL MEMEGANG SEPOTONG KARDUS DENGAN GAMBAR KEPALA CEWEK BERTANDA SILANG DENGAN TULISAN “NO CEWEK” DI BAWAHNYA) Ha…ha…ha…ha…haa…!
4 CEWEK
(TURUT GERAM DAN MARAH, TANGAN DILIPAT DI DADA)

ADE
(MELENGOS)

ADE DAN 4 CEWEK
(MENGHIAS TENDA CEWEK DENGAN KAIN WARNA-WARNI DAN MELEKATKAN KARDUS BERGAMBAR KEPALA COWOK BERTANDA SILANG DENGAN TULISAN “NO COWOK”, MENJULURKAN LIDAH, KEDUA IBU JARI DI KEDUA BELAH PIPI, JARI YANG LAINNYA BERGERAK-GERAK) Weeek…!

MAMA ADE
(TAMPAK KHAWATIR)

MAMA KAKA
(MENENANGKAN MAMA ADE, MAMA KAKA PERCAYA ANAK-ANAK AKAN BAIK-BAIK SAJA, KEMUDIAN BERBISIK KEPADA MAMA ADE)

MAMA ADE
(TERSENYUM DAN MENGANGGUKKAN KEPALA. KEMUDIAN MELAMBAIKAN TANGANNYA KE ADE)

ADE
(MENGANGKAT KE DUA BELAH TANGANNYA, BAHUNYA DIANGKAT, MUKA PENUH TANDA TANYA)

MAMA KAKA
(MELAMBAIKAN TANGAN KE KAKA)
KAKA
(MENGANGKAT KE DUA BELAH TANGANNYA, BAHUNYA DIANGKAT, MUKA PENUH TANDA TANYA)

CUT TO
02.         INT. DAPUR RUMAH ADE
PEMAIN: MAMA ADE, ADE, 4 CEWEK

DI ATAS MEJA DI RUANG DAPUR TAMPAK SEMANGKOK BESAR SPAGHETTI, LIMA BUAH DONAT DAN SETOPLES PERMEN.

ADE DAN 4 CEWEK
(MEMBAWA MAKANAN SAMBIL OUT KE TAMAN)

CUT TO
03.         INT. DAPUR RUMAH KAKA
PEMAIN: MAMA KAKA, KAKA, 4 COWOK

MAMA KAKA MEMBUKA KULKAS, MENGELUARKAN JUS, PUDING DAN BUAH-BUAHAN SEGAR.

KAKA DAN 4 COWOK
(MEMBAWA MAKANAN SAMBIL OUT KE TAMAN)

CUT TO
04.         EXT. TAMAN
PEMAIN: KAKA, ADE, 4 COWOK, 4 CEWEK, MAMA KAKA, MAMA ADE

BERTEMU DI TENGAH TAMAN, KEDUA GRUP SALING PANDANG, SALING MENDEKAT, MALU-MALU.

KAKA, ADE, 4 COWOK & 4 CEWEK
(MALU-MALU, SALING TERSENYUM KEMUDIAN TERTAWA BERSAMA)

MAMA KAKA & MAMA ADE
(TERSENYUM LEGA)

KAKA, ADE, 4 COWOK & 4 CEWEK
(DUDUK DI TIKAR YANG DIGELAR DI TENGAH TAMAN, BERBAGI MAKANAN BERSAMA, KAKA MENANCAPKAN KARDUS YANG BERTULISKAN “EVERYBODY WELCOME”, TERTAWA BERSAMA) Ha…ha…ha…haaa….

KAKA, ADE
((CU) WAJAH ADE DAN KAKA YANG SEDANG TERTAWA BERGANTI WAJAH ADE DAN KAKA DEWASA. KEDUANYA BERTEMU DI PINTU MASUK BANK MANDIRI DAN SEORANG PENJAGA PINTU MENYILAKAN MEREKA MASUK)

TRACK OUT
05.         ESTABLISHED. BANK MANDIRI. SIANG

LOGO BANK MANDIRI MUNCUL
NARATOR
(VO) Terdepan, terpercaya, tumbuh bersama Anda

___________________________________________________________________________


ESTIMATE WAKTU: 

1. Mama melepas Kaka: 1 detik

2. Mama melepas Ade: 1 detik

3. Ade ketemu Kaka: 1 detik

4.  Mendirikan tenda: 3 detik

5. Kaka bersorak, mengejek: 3 detik

6. Ade marah: 2 detik

7. Cowok mengejek: 3 detik

8. Cewek marah: 3 detik

9. Ade dan cewek menghias tenda 3 detik

10. Mama Ade khawatir: 1 detik

11. Mama Kaka bilang it's Ok, berbisik: 3 detik

12. Mama ade tersenyum, melambai tangan: 2 detik

13. Kaka mendongak, angkat bahu: 2 detik

14. Mama Kaka melambai tangan: 2 detik

15. Ade mendongak, angkat bahu: 2 detik

16. Di dapur mama Ade: 3 detik

17. Di dapur Kaka: 3 detik

18. Kaka, Ade, cowok & cewek bertemu malu-malu: 2 detik

19. Kaka, Ade, cowok & cewek tertawa: 2 detik

20. Kaka, Ade, cowok & cewek menggelar tikar: 2 detik

21. Kaka menancapkan kardus "Everybody Wellcome": 2 detik

22. Mama Ade & Kaka tersenyum: 2 detik

23. Kaka, Ade, cowok & cewek tertawa: 2 detik

24. Close up kaka & Ade tertawa: 2 detik

25. close up Kaka & ade besar: 2 detik

26. Masuk bank Mandiri: 3 detik

27. Closing: 3 detik


Total: 60 detik

6 komentar :

  1. kurang membumi...
    kudune pake simbok, srinthil, dll...

    BalasHapus
  2. hasemik semprul masih bonus capcay...

    BalasHapus
  3. Setuju kuen, Kang Rawins priben kabere Rikane. Jan Multiply wis sue det ya nggak ngeblog di sana lagi kah?

    Priben kabare Gandrung?

    Salam
    Yulidrifaduru(MP)


    Untuk Skenarionya Mbak Rie terlalu rumit menurutku, bagian periklanan orangnya mah pinter-pinter nggak usah dijelasin dah tahu. Yang terpenting kita harus spesifik sama tujuan/pasar yang kita tuju dengan iklan kita.

    Punyaku cuman satu paragraf sinopsis, tiga karakter dan satu pipi scenario. Nggak usah panjang kayak ini.

    BalasHapus
  4. @rawins, huwakakakk...
    @yuli, sinopsis sama premis itu beda bukannya? Mungkin yang kamu tuliskan adalah premis. Ini emang panjang tapi versi cuma film tanpa percakapan flash banget, menurutku lho ya...masih belajar...
    @catatan, ini juga lagi belajar kok, hehe,,..salam.

    BalasHapus
  5. Hiks hiks iya beda sama-sama belajar juga hehe

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...