Bertemu Blogger dan Calon Blogger TKW Hong Kong

aku yang mana hayo?
Minggu, 16 September 2012. Sore itu aku tiba di bawah pohon palem Victoria Park, Causeway Bay, tepat pukul empat. Namun ternyata jam karet masih mendarah daging pada jiwa kawan-kawan senasipku, hanya 5 orang yang telah berada di tempat. Lhah yang diundang kok malah lebih awal dari yang mengundang? Oalah Indonesia....

Seperti janjiku pada grup Community Club (CC), sebuah grup yang digawangi oleh Romel Tea yang beranggotakan alumni pelatihan komunikasi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Juli lalu, aku berniat untuk sekedar sharing pengalaman ngeblogku selama ini.

Situasi itu melemparkanku pada kenangan akhir tahun 2008, ketika aku berkumpul dengan para blogger dan multiplyer TKW Hong Kong. Bedanya ada pada semangat dan tujuan kami ngeblog. Ngeblog bagi kami waktu itu adalah cara kami berinteraksi, menulis pengalaman diri dan protes pada sekitar atas diskriminasi yang kami terima. Sedang sekitar 20 orang (atau lebih?) yang ada dihadapanku pada sore itu memiliki tujuan dan semangat yang berbeda untuk ngeblog. Ada yang ingin mempromosikan hasil kerajinan tangan suami dan bapaknya, ada yang sekedar ingin menyimpan tulisannya yang sudah pernah muat di majalah atau koran dan yang paling banyak adalah karena lomba blog yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Hong Kong.

Ada yang bertanya tentang kemungkinan jualan lewat blog, ada yang bertanya tentang add sense, ada pula yang bertanya tentang bagaimana membuat tampilan blog yang menarik sehingga banyak pengunjung yang datang. Untuk pertanyaan terakhir itu aku menghela nafas, menyayangkan pertanyaan tersebut.

Aku sendiri memulai ngeblog sejak akhir Juni 2007. Bermula dari laptop pinjaman dari bos. Keingintahuan yang besar yang kemudian membawaku jatuh cinta pada blog kemudian bersemangat untuk belajar dan belajar lagi dengan bantuan google, hanya google. berkali-kali gagal dalam proses pengeditan, berkali-kali pula membantai blog satu demi satu karena gagal ngedit. Template pada masa itu tak sebanyak sekarang, semua serba ngedit satu persatu sedang HTML atau CSS atau Javascript itu tak kuketahui sama sekali. Ngeblog di saat itu benar-benar menguji kesabaran dan menumbuhkan ketelatenan serta semangat yang luar biasa padaku pada masa itu.

Jadi kalau ada blogger baru yang kemudian mbingungi karena template, aku rasa mereka tak sesabar aku ya? Hehe....

Ada pertanyaan menggelitik tentang apa trik ngeblogku hingga aku masih eksis hingga sekarang dan dikunjungi banyak blogwalker, ini membuatku sedikit berkeringat. Kenapa? Karena tak jarang pula aku lebih banyak selingkuh dengan Facebook, whatsapp, sms, kompasiana dan youtube yang membuatku malas ngeblog, menelantarkan blogku sekian saat.

(Ini sebenarnya adalah saran untukku sendiri bahwa) Ngeblog/blogger itu bagiku harus pinter dalam artian mengetahui benar masalah apa yang sedang dituliskannya, harus kreatif juga kadang humoris agar tulisan tidak mboseni atau monoton. Menampilkan postingan-postingan trendy yang up to date, sebisanya sesuai isu terkini juga bisa membuat blog itu tidak basi. Dan utamanya mau mendengarkan masukan dari pembaca dan bertanggung jawab bila ada kesalahan tulis yang dikoreksi oleh pembaca.

Pernah di saat dulu, aku menyematkan lagu "Tul Jaenak" di blogku sehingga saat seseorang membuka blogku mereka langsung bisa mendengarkan lagu itu. Beberapa bulan kemudian ada beberapa e-mail yang dilayangkan padaku, mereka mengatakan bahwa dengan adanya lagu itu mengganggu sekali konsentrasi mereka saat menikmati postingan-postinganku di blog. Setelah beberapa kali pertimbangan akhirnya kuputuskan untuk mengapus lagu tersebut. Toh tujuanku adalah bagaimana caranya orang mau ngubek-ngebek blogku, jadi kalau ada yang merasa terganggu, aku takut kalau mereka tak akan kembali lagi. Dan itu berarti menurunkan traffic blogku. Dan benar saja, setelah kuhapuskan lagu tersebut mereka berterimakasih padaku. Dan apalah kebahagiaan dari seorang blogger selain mendapatkan pembacanya merasa nyaman dan loyal padanya? Aku harap juga pembacaku bisa mengambil manfaat dari blogku, sukur-sukur blogku tersebut bisa menginspirasi.

Kembali lagi ke lay out. Aku mengakui bahwa sedikit banyak lay out blog berpengaruh pada orang yang sednag berkunjung namun bagiku ini bukan hal primer yang mempengaruhi seseorang untuk berkunjung kembali ke blog kita. Menurutku pembaca blog sekarang lebih mementingkan isi blog dari pada bungkus blog.

Lay out memang bisa menjadi salah satu ciri dari sebuah blog, namun sebuah blog yang berkarakter dan berciri juga bisa dilihat dari gaya kepenulisan di blog tersebut. Dan inilah sebenarnya ruh dari sebuah blog. Yang membuat blog bernyawa, hidup ya ruh itu.

Jadi mengapa harus tergesa-gesa untuk membuat blog? Membuat blog itu tidak bisa secara dadakan, sekali jadi langsung bagus, apalagi bagi blogger pemula. Butuh kesabaran dan ketelatenan juga kekreatifitasan. Selangkah demi selangkah, enggak usah ngaya lah. Lama kelamaan juga bisa. Lama kelamaan juga akan terbentuk ciri khas blog tersebut. Ya nulis saja dulu, sambil belajar pelan-pelan. Pengalaman, kesalahan, kritik dan saran dari para pengunjung akan membuat matang kemampuan seorang blogger.

Semoga saja blogger-blogger pemula di Hong Kong akan berkembang dan menyadari sepenuhnya hakekat ngeblog, indahnya berbagi dan menginformasi, dan menyemangati satu sama lain. Aamiin.


________________________________________

**foto diambil dari sini



9 komentar :

  1. setuju, belajar konsisten menulis itu saja dulu. soal yg lainnya bisa dikerjakan menyusul.
    karena yg utama dari sebuah blog dari isinya kan? sebuah blog yang cantik dan ringan ketika diakses, tapi isinya gak ada alias jarang ada tulisan yang tayang, malah mubazir toh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass.. Salam sejahterah untuk kita semua...saya ingin berbagi cerita kepada teman-teman yang susa masalah ekonomi, bahwa dahulunya saya TKI di singapura yang terlantar buat makan saja susa. Alhamdulillah setelah aku hubungi MBAH DUIHANTORO saya bisa pulang kampung dan memulai hidup yang baru,, ini semua berkat bantuan MBAH DUIHANTORO. karna dia membantu saya melalui uang ghaib 150jt.syukur alhamdulillah kini sekarang saya sudah buka usaha sendiri, saya ucapkan banyak terima kasih kepada MBAH DUIHANTORO,, tanpa bantuan MBAH saya tidak bisa seperti sekarang ini, bagi teman-teman di indonesia maupun yang terlantar di luar negeri mau mengubah nasip seperti saya silahkan hubungi MBAH DUIHANTORO di nomor: 0852 9846 3149.karna MBAH DUIHANTORO dengan senan hati membantu memperbaiki nasip anda. karna kesempatan tidak akan datang kedua kali.. terima kasih. https://pesugihangaibnyata77.blogspot.com/?m=1

      Hapus
  2. blogku malah nggak ono tul jaenale hahaha super simple

    BalasHapus
  3. Bagi saya, membuat blog adalah sarana untuk mendokumenkan uneg-uneg yang saya tulis baik fiksi maupun kejadian yang saya alami sehari-hari.

    Tak terpengaruh bahwa blog kita akan banyak pengunjung atau tidak, yang penting tulisan sudah terkumpul dalam sebuah blog. Meskipun nggak terpunkiri betapa bahagianya bagi seorang bloger kalau ada pengunjung yang memberikan apresiasinya pada blog yang dibuat.

    Untuk tampilan, bagi saya lebih suka yang nyaman di mata/pada saat pembaca menikmati tulisan, seperti kata Mbak Rie di atas ada pembaca yang nggak nyaman saat Mbak memasang musik.

    Happy bloging.

    BalasHapus
  4. Saya belajar ngeblog, Pertama kali posting kok postingan saya hilang g tau posting dimana hehehehe,,mohon bantuanya kk Rie,, bgmn caranya posting berita atau tulisan Thanks before

    BalasHapus
  5. thankz buat mbak rie blora yang berkenan datang ke campus kami.... di tunggu sharing nya lagi

    BalasHapus
  6. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    Lewat akun istri saya saya ingin berbagi cerita,
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    BalasHapus
  7. Pusat Pelatihan Pengobat Alternatif
    WA 0813 3838 3022
    1.Power Musyafahah tingkat 1 s/d 3 ( Cocok untuk Pekerja dan TKI )
    2. Buka Aura ( Cocok untuk Pekerja dan TKI )
    3. Pelatihan Pengobatan Energi Nursyifa ( cocok untuk Ustadz )
    4. Tenaga dalam pemula
    5 .Penyerapan Energi Alam
    6. Power Nursyifa
    7. Hakekat besi dalam tubuh
    8. Mahabah dan pekasih
    9. Kerejekian / magnet uang
    10. Buka Aura ( Cocok untuk Pekerja dan TKI )
    11. Pelatihan Bekam
    12. Pelatihan Terapi Listrik
    13. Gurah Mata
    14. Pelatihan Refleksi
    15.Terapi Telinga
    16. Pelatihan Pembuatan Minyak Mahabah
    17. Pelatihan Pengisian Energi / Benda Pusaka
    18. Terapi Al fashdu
    19. Terapi Panas
    20. Prana
    Kami akan ajarkan sampai bisa cara aplikasi dan pemakaianya

    Alamat : Dusun Kliwon / Dukuh
    RT 05/ RW 05
    Desa Haur kuning
    Kecamatan Nusa Herang
    Kuningan Jawa Barat
    Rute dari arah barat / jakarta turun di terminal Cirebon lalu naik elf jurusan Cirebon – Cikijing turun di gang Dukuh Haur Kuning tinggal jalan kaki
    Rute dari arah Timur/ Jawa Tengah turun di terminal Cirebon lalu naik elf jurusan Cirebon – Cikijing turun di gang Dukuh Haur Kuning tinggal jalan kaki . WA 0813 3838 3022

    BalasHapus
  8. Ass.. Salam sejahterah untuk kita semua...saya ingin berbagi cerita kepada teman-teman yang susa masalah ekonomi, bahwa dahulunya saya TKI di singapura yang terlantar buat makan saja susa. Alhamdulillah setelah aku hubungi MBAH DUIHANTORO saya bisa pulang kampung dan memulai hidup yang baru,, ini semua berkat bantuan MBAH DUIHANTORO. karna dia membantu saya melalui uang ghaib 150jt.syukur alhamdulillah kini sekarang saya sudah buka usaha sendiri, saya ucapkan banyak terima kasih kepada MBAH DUIHANTORO,, tanpa bantuan MBAH saya tidak bisa seperti sekarang ini, bagi teman-teman di indonesia maupun yang terlantar di luar negeri mau mengubah nasip seperti saya silahkan hubungi MBAH DUIHANTORO di nomor: 0852 9846 3149.karna MBAH DUIHANTORO dengan senan hati membantu memperbaiki nasip anda. karna kesempatan tidak akan datang kedua kali.. terima kasih. https://pesugihangaibnyata77.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...