Obeng

Minibus nomer 30 dari Happy Valley menuju Causewaybay itu hampir penuh ketika aku dan Katelyn naik. 14 orang sudah bertengger di atas kursi dari 16 jumlah kursi yang tersedia. Kalau ketambahan aku dan Katelyn berarti full bus.

Pagi tadi aku mengantarkan Katelyn les menggambar di Causewaybay. Begitu kami duduk Katelyn memulai aksinya dengan menyanyikan beberapa buah lagu dengan suara sumbangnya.

"You are my sunshine, my only sunshine...you make me happy.... when skies are grey...you'll never know dear...how much I love you....."suara Katelyn memenuhi bis.

"Berapa umurnya?" tanya seorang ibu yang beraa di depanku.

"hampir 4 tahun," jawabku.

"So cute," katanya memuji. Aku tersenyum lalu mengucap terima kasih padanya.

Ya iyalah, siapa dulu babunya, pikirku(lho mang ada hubungannya?)

"Does she go to school yet?" tanya tante-tante di kursi sebelahku.

"Yes, di Small World Kindergarten," jawabku. Ah pertanyaan seperti ini selalu saja kudapatkan ketika aku pergi kemanapun bersama Katelyn.

"Pantesan dia pinter," kata mereka hampir bersamaan.

Bah?!! Aku dongkol sekali kenapa setiap pujian larinya ke sekolahan dan guru bukan ke aku? Lha emangnya hanya sekolahan saja yang ngajarin Katelyn nyanyi atau baca tulis? Aku lho tiap hari juga ngajarin dia," protesku dalam hati.

"And you are Philippinos?" tanya ibu yang ada di depanku.

"No, I'm Indonesian," jawabku bangga di iringi lagu Indonesia Raya. Aku layaknya baru memenangkan lomba di Olympic games saja, atas kemenangan apa aku tak tahu.

"ooo...," kata mereka.

Bis mendadak berhenti di Po Leung Kok sebelum sampai di terminal mini bis Causewaybay, sebuah kemacetan yang tak kuharapkan karena itu berarti menambah waktu untuk Katelyn beraksi. Namun tanpa aku duga Katelyn berhenti bernyanyi, kedua tangannya di letakkan pada kedua belah kupingnya.

"So loud," kata Katelyn.

"No," jawabku.

"It's so loud," kata Katelyn lagi.

"No," jawabku lagi.

"What is that, Cece? Suara apa itu?" tanya Katelyn.

Sebenarnya ada sebuah suara melengking-lengking menyakitkan telinga. Sebelah kiri jalan sedang di perbaiki dan beberapa pekerja menggunakan perkakas besar mirip obeng raksasa untuk membuat celah pada jalan beraspal itu. Sedangkan di Po Leung kuk sendiri sedang di adakan renovasi, beberapa orang berbadan kekar terlihat memperbaiki atap gapura. Mereka juga menggunakan suatu alat mirip obeng. Ha? Obeng? Obeng itu bahasa Inggrisnya apa? pikirku sejenak.

"What is that??!!" Katelyn memburu jawaban.

"It's a...(ngingat-ingat)...It's only a screwdriver," jawabku.

"A screw what?" tanya Katelyn dengan mimik muka penuh keingintahuan.

"A screwdriver," tegasku.

"Why is it so laud? What is it?" tanya Katelyn memburuku.

"I donno," jawabku jujur.

"What is screwdriver?"

Aku menggelengkan kepala.

"Ceceeee.... What is screwdriver? What is screwdriverrrr...????!!!!!!" Katelyn mulai merajuk, baginya setiap pertanyaannya hukumnya wajib untuk di jawab. Ah seandainya ada laptop disini tentunya aku sudah bertanya kepada om Gugel(google) atau tante Wiki(Wikipedia).

"Srew driver is...(aku mikir sejenak)

"Screw driver is...(garuk-garuk kepala)

"What is screw driver???!!!!!!!" Katelyn merajuk lagi.

"Screw driver is something....(mikir). Screw driver is something...uummm....something...ummm...something to screw and unscrew the screw," jawabku.

"Wakakakakak......," tawa seisi bis.

"Screw driver is something to screw and unscrew the screw," ulangku lagi.

"Wakakakakakakakakkkk....," seisi bis gegap gempita. Rupanya mereka menyimak percakapanku dengan Katelyn, celaka!

"Nice answer. Tapi mungkin sebaiknya kamu nmenjawab pertanyaan itu dengan simple. Jawabanmu tadi sepertinya malah membingungkan dia," kata tante di sebelah kursiku di iringi tawanya yang serenyah krupuk upil cap Soponyono itu.

Aku malu, aku ga begitu bodoh khan? Buktinya aku bisa ngeblog(uugghhh..!!). Tapi cuma sebuah obeng saja masa' aku ga tau artinya, sebel! Untung saja bis segera beranjak dari tempat itu menuju terminal terakhir yang hanya tinggal satu kilometer saja.

"Be carefull! Don't step on the screwdriver!" kata sopir bis ketika melihatku membantu Katelyn turun dari bis. Pak sopir itu ketawa.

SIALAAAAAANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN!!!!


post signature

17 komentar :

  1. pertamax ...yang penting ada usaha buat ngjawab , besok lagi bawa kamus nduk... :D

    BalasHapus
  2. Pertamax!!!

    Bener kok, obeng itu basa enggresnya screwdriver...... something to screw and unscrew the screw....

    BalasHapus
  3. >>=3=, besuk lagi aq pengin bawa kang Trie, wkwkwkwk...
    >>[OMTRI], lha bener khan? ga salah khan? tuh khan..?? Kok di ketawain??

    BalasHapus
  4. The screwdriver is a device specifically designed to insert and tighten, or to loosen and remove, screws, getooohhh...

    BalasHapus
  5. hemmm iya mbak pinter kok buktinya bisa njawab, hehehehe....
    tetep semangat nulis mbak....

    BalasHapus
  6. obeng tuh bahasa inggrisnya drei :):) salam Putrago

    BalasHapus
  7. saya baru berkunjung pertama kali mbak. salam kenal.

    ceritanya apik tenan.. sayah bisa melihat sudut pandang yang lain. very inspired me.

    BalasHapus
  8. >>nirmana, iya...Rie tahunya gitu juga setelah buka kamus, hehehe..
    >>edi, yupz makasih...
    >>putrago, wakakakak...
    >>om punda, makasih...makasih...

    BalasHapus
  9. ya mbok bilang "aku iki blogger lho"....
    :D
    ah, begitulah yu, ikhlaskan saja. kelak akan mendapatkan penghargaan yang jauh lebih besar ketimbang cuma "nice...." "good..."

    BalasHapus
  10. mbak rie, sampeyan hebat bener. aku nemu blog-e sampeyan lewat blog catalog. aku bener - bener beruntung iso nemu blog sing apik banget iki. mbak, aku guru SMP ndeso ning Pacitan Jawa Timur. Separo luwih muridku sing lulus gak neruske sekolah. rata - rata podho mrantau nyang Jakarta dadi pembantu rumah tangga. aku pengen banget murid-muridku moco tulisan sampeyan ben dadi inspirasi. Tulisan sampeyan ringan tapi aku aku gak weruh nyangopo kok biso menarik banget. boso inggris sampeyan apik. aku moco ning puisine sampeyan. apik kok. mbak rie,aku pengen nulis review blog sampeyan. lan aku uga bakal masang link nyang blog-e sampeyan. link iki siji-sijine link sing tak pasang. soale menurutku jarang enek blog sing unik koyo bloge sampeyan iki. blogku tulung di link ning blog e sampeyan yo. kunjungi lan komentari blogku. matur nuwun mbakyu. tetep nulis yo. tak tunggu tulisanmu.

    BalasHapus
  11. ini review saya tentang blog anda mbak rie, silahkan klik di sini. maaf jika ada yang kurang berkenan.

    BalasHapus
  12. wakakaka..
    saya senyum-senyum sendiri kayak orang sinting baca tulisan sampeyan mbak. nice post..

    Untung bukan saya yang ditanya. Ponakan sampeyan lucu n ayu.. hehe..

    BalasHapus
  13. wah katelyn cakep ya... wajahnya imut dan innocent gitu

    BalasHapus
  14. >>Kang Slamet, haiyahhh...aq blogger khan, hehehe...penghargaan sing kaya apa kuwi kang??

    >>eko wuriyanto/guru Indonesia, terima kasih dah berkunjung dan membaca...merasa tersanjung. Pak tapi pujiannya terlalu tinggi tuh pak, entar kalo saya jatuh gimana...??

    >>wahyu, weleh...kuwi momonganku mas, bukan keponakan, tapi ya emang aq anggap seperti keponakan sendiri kok.

    >>joe, iya...dia babyface banget.

    BalasHapus
  15. Rie ... salut, blogmu apik. Ngademke ati, penak diwaca. Bakalan sering tak parani lan tak jagongi ...
    Matur nuwun ya ... sesok tak mrene maneh ...
    Entuk di link to?

    BalasHapus
  16. >>nonong, makasih...sebuah penghargaan bagi Rie...makasih...

    BalasHapus
  17. Wakaka....Mba Rie aku baca postingan ini..ngaka gak ketulungan hingga seisi rumah..melongo padaku..sambil katanya edaann..sinting. wkakakaa

    BalasHapus

Matur suwun wis gelem melu umuk...