Tersandung Cinta

"Aduh celaka!" teriakku kaget dan tertahan. 

Tertera 3:17 AM ketika aku melirik pojok kanan laptopkun (ralat=laptop pinjeman dari bosku). Sedemikian asyiknya aku dengan temuan terbaruku, berita lama dari Suara Merdeka tanggal 20 Nov'06 tentang Pemenang Lomba Blog 2006, membuatku gentayangan di dunia maya hingga lupa waktu. 

Segera saja kusimpan (bookmark) tiga buah situs dan mematikan laptop yang terasa panas. Tetapi baru saja aku hendak meraih stop kontak lampu kamarku, terdengar suara langkah kaki mendekat dan kemudian berhenti dua meter dari pintu kamarku. Seperti kungyan (babu) kebanyakan, kamarku bersebelahan dengan dapur. Serta merta kuurungkan niatku dan pura-pura telah tertidur pulas.

Sorot lampu kamarku tembus keluar.

"Masih belum tidur juga ya?" tanya bos dari luar kamarku (yang lebih mirip kalau disebut gudang).

"Cece..!" panggil bosku padaku.

"Ya," jawabku lemah.

"Sudah jam tiga kok belum tidur juga," kata bos, terdengah nada marah disana.

"Forgot to switch off the light, I overslept," jawabku berbohong.

"Ooo..," kata bos.

Terdengar suara air yang dituang ke dalam gelas kemudian langkah kaki menjauh dari dapur (kamarku bersebelahan dengan dapur). Aku lega. Saat itu aku benar-benar harus tidur walau dengan membawa perasaan penasaran hingga ke dalam mimpiku. .....

Aku bertemu Sudaryono Ahmad pemilik http://penakayu.blogspot.com, Muhammad Sulhanudin pemilik http://embunkehidupan.blogspot.com juga Ahmad Munif pemilik http://munif.wordpress.com, ketiganya adalah pemenang lomba blog 2006 pemenang ke tiga, dua dan pertama.

"Ngeblog itu berbagi," kata mas Sulhanudin.

"Ngeblog itu memberi pencerahan," kata mas Sudaryono.

"Ngeblog itu...ah..sepertinya aku terbang kalo lagi ngeblog," kata mas Munif sambil tersenyum.

Aku heran, mengapa ketiga orang itu begitu antusias sekali untuk ngeblog. Apa itu ngeblog? Blog? Ngeblog? Blog? Ngeblog.......??

....ngeblog itu berbagi....

....ngeblog itu pencerahan...

....ngeblog itu terbang....

Kata-kata itu terulang-ulang di kepalaku dan membuatku pusing dan hampir saja bangun kesiangan.

"Blog ngeblog...., blog ngeblog....," kata itu masih menghantuiku sewaktu aku mencuci muka dan menggosok gigiku. Masih terngiang-ngiang saat aku memandikan si kecil Katelyn, saat aku membersihkan rumah, saat aku berada di ruang tunggu menunggu Katelyn les, saat aku masak. 

Ah rasanya ingin sekali aku menyegerakan semua pekerjaanku supaya aku bisa berdiam di depan laptop untuk mencari info tentang blog.

"Cece, nanti kamu tidur ama Katelyn ya," kata Mrs Wong atau dhai-dhaiku alias bos perempuanku.

Jangkriiiiikkkkkkkkkkkk!!" umpatku dalam hati. Di saat hati sedang menggebu-gebu ingin tahu tentang blog kok malah gak ada kesempatan buat ngenet. Akhirnya harus kupendam keinginanku hingga minggu keesokan harinya saat aku mendapatkan liburku.

Minggu itu...
Perpustakaan yang berada tak jauh dari rumah bosku segera menjadi tujuanku. Di sana terdapat akses internet beserta beberapa desktop yang bisa digunakan oleh siapapun. Hari libur itu aku gunakan sepenuhnya untuk mencari tahu tentang "blog". Dari jam 10 pagi hingga jam lima sore ketika perutku mulai protes karena tidak diisi sedari pagi.

 www.s-lestari.blogspot.com adalah blog pertamaku, yang berisikan celotehanku. Namun blog tersebut terpaksa aku bantai sebagai korban ganti layout dan pengeditan. 

Kemudian di 2 september 2007 blog keduaku yaitu www.babungeblog.blogspot.com aku ikrarkan. Setelah berpusing-pusing dengan layout dan pengeditan dan html, java script yang sama sekali tidak aku kenal. Babu Ngeblog? Mengapa? Ya karena aku adalah babu, seperti juga kata ndoro kakung:

...Mosok cuma para majikan, juragan, ndoro, atau priyayi saja yang boleh punya blog? Mosok cuma karyawan sakit hati yang boleh misuh-misuh, mengumpat tempatnya mencari makan? Mosok para pembantu ndak boleh bikin perkumpulan? Mosok cuma tulisan yang ndakik-ndakik yang boleh diposting? Mosok lelucon gombal ndak boleh disebarkan?...

Benar, aku jatuh cinta, jatuh cinta pada blog. And when I fall in love...it will be forever...


memori juli-september 2007


post signature



0 comments :

Posting Komentar

Matur suwun wis gelem melu umuk...